Home / Tips Bisnis / 9 Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Wajib Anda Hindari Jika Tak Mau Bangkrut

9 Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Wajib Anda Hindari Jika Tak Mau Bangkrut

Semua pebisnis pasti ingin bisnisnya sukses, angka penjualan yang top markotop dan dapat profit yang maknyus. Tak usah saya bilang pasti Anda juga mau kan? Saya pun juga begitu.

Namun sayang sekali, menurut penelitian dari Michael E. Gerber, di dalam bukunya yang berjudul “The E-Myth Revisited: Why Most Small Business Don’t Work and What To Do About It“, mengemukakan fakta yang muram.

“80% bisnis mengalami kegagalan pada tahun kedua, dan 80% dari sisanya mengalami kegagalan pada tahun ke lima”

(Michael E. Gerber)

Artinya hanya 20% bisnis yang bisa survive selewat tahun ke 2. Dari 20% tersebut, hanya 20% nya saja yang survive lebih dari lima tahun. Nah, pertanyaannya, apakah bisnis Anda berada dalam 20% tersebut? Insya Allah. 🙂

Tentunya yang perlu kita cermati adalah mengapa bisa hasil survey tersebut muncul?

Kira-kira apa penyebab kegagalan bisnis yang umum terjadi sehingga menyebabkan presentasi keberhasilan menjadi kecil?

Berikut ini adalah 9 peyebab kegagalan bisnis yang umum terjadi. Terkadang malah tanpa sadar sedang berlangsung pada bisnis yang kita jalankan.

Penyebab-penyebab kegagalan bisnis tersebut kami bagi ke dalam 2 kategori, yaitu penyebab kegagalan bisnis yang disebabkan ownernya atau pengusahanya dan penyebab kegagalan bisnis yang disebabkan oleh bisnisnya.

Penyebab Kegagalan Bisnis Karena Ownernya

1. Kepemimpinan yang buruk

Sudah menjadi rahasia umum jika pebisnis sukses memiliki kepemimpinan yang baik. Setidaknya bisa memimpin dirinya sendiri. Mendisiplinkan dirinya sendiri.

Nah bisa dibayangkan donk seperti apa jalannya sebuah bisnis jika pemiliknya memiliki kepemimpinan yang buruk? Tidak bisa mendisiplinkan karyawan, banyak kecolongan stok maupun uang bisnis.

Kepemimpinan yang buruk juga ditandai dengan tidak adanya visi. Mau dibawa kemana bisnis ini 2 tahun lagi, 5 tahun lagi, 20 tahun lagi? Tak adanya visi yang jelas juga membuat bisnis berlayar tak tentu arah. Dan akhirnya tenggelam. Blubub blubub blubub…

2. Rendahnya mental bisnis

Kerendahan mental bisnis yang dimasud disini adalah ketidakmampuan untuk bersabar, menahan nafsu, dan terus fokus.

Seringkali ketika bisnis baru berjalan, dan sudah membukukan profit yang lumayan, pemilik bisnis ga sabaran ingin espansi ke bisnis lain. Bernafsu untuk mendapatkan profit yang lebih dan lebih lagi. Dan akhirnya kehilangan fokus.

Nah, ketamakan seperti itulah yang menjadi awal kegagalan sebuah bisnis.

Untuk pengusaha pemula, sabarlah ketika membangun bisnis. Ingat ada masa-masa kritis dalam membangun bisnis. Seperti kata Michael E. Gerber diatas. 80% bisnis gagal di tahun kedua.

Artinya apa? Kalau belum lewat masa kritis 2 tahun, jangan dulu buka bisnis baru. Bahkan tambah lagi masa kritisnya jadi 5 tahun. Fokus gila-gilaan selama 5 tahun. Jika sudah lewat 5 tahun bisnis masih bertahan dan tersistem dengan baik, sok atuh buka bisnis baru.

3. Lemahnya perencanaan

Pernah dengar kata-kata bijak dari mantan PM Inggris Sir Winston Churchill berikut ini?

“Gagal merencanakan berarti merencanakan untuk gagal”

Nah, persis seperti itulah keadaan jika Anda gagal untuk merencanakan bisnis Anda. Setidaknya milikilah visi untuk bisnis Anda untuk beberapa tahun ke depan. Agar arah dan tujuannya jelas. Arah dan tujuan yang jelas membuat akan lebih cepat sampai tujuan. Tujuan = kesuksesan.

Tapi jangan salah paham loh ya.. Bukan berarti di awal-awal Anda mau membuka bisnis harus direncanakan dengan sematang-matangnya. Kalau begitu, ujung-ujungnya bisnisnya ga jadi dibuka.

Urutan yang sebaiknya dilakukan adalah:

Buka bisnisnya dulu   ->   Buat rencana   ->   SUKSES

Sepakat?

4. Rendahnya pengetahuan keuangan

Pengetahuan keuangan merupakan salah satu faktor kunci kesuksesan bisnis Anda. Walaupun Anda bukan berasal dari jurusan akuntansi, atau Anda ga kuliah di fakultas ekonomi, bukan berarti menjadi alasan Anda untuk menjadi buta ilmu keuangan.

Dengan mengerti pengetahuan keuangan, Anda bisa membaca keadaan bisnis Anda saat itu. Dan dengan begitu akan menjadi dasar untuk pengambilan keputusan Anda terkait bisnis Anda.

Setidaknya Anda harus tahu hal-hal dasar ilmu keuangan bisnis. Seperti bagaimana membaca laporan keuangan, neraca, atau laba rugi.

Kebutaan akan pengetahuan keuangan akan membuat Anda rentan ditipu oleh karyawan Anda. Atau Anda merasa sudah untung, padahal masih buntung. 🙁

Penyebab Kegagalan Bisnis Karena Bisnisnya

5. Pertumbuhan bisnis yang tak terkendali

Mungkin Anda bertanya-tanya dalam hati, pertumbuhan bisnis bukannya suatu hal yang positif ya? Kok bisa si pertumbuhan bisnis menjadi salah satu penyebab kegagalan bisnis?

Ya, memang pertumbuhan bisnis merupakan hal yang positif dalam perkembangan bisnis. Namun jika hal ini tak bisa Anda kendalikan dengan baik, bisa menjadi bumerang yang akan menghancurkan bisnis Anda.

Contoh, bisnis Anda sudah membukukan profit yang bagus, penjualan juga lumayan bagus sehingga membuat keteteran bagian produksi. Anda sebagai pemilik bisnis memutuskan untuk menaikkan kapasitas produksi hingga 4 kali lipat. Anda investasikan semua modal dan profit yang ada pada ongkos produksi. Tapi di sisi lain penjualan ternyata stagnan. Hingga akhirnya stok menumpuk di gudang.

Pertumbuhan bisnis yang awalnya baik justru menjerumuskan.

6. Ketidakjelasan bisnis yang dijalankan

Ketidakjelasan bisnis ini efek lanjutan dari kegagalan dalam perencanaan. Tidak jelas mau jualan apa. Istilahnya PALU GADA (apa aja yang elu mau, gua ada). Sehingga tidak jelas positioning bisnisnya dimana.

Hal ini berpengaruh pada branding. Branding bisnis yang buruk biasanya ga bertahan lama umur bisnisnya. Bisa sampai 2 tahun aja hebat sekali rasanya. 🙁

7. Tidak ada inovasi dalam bisnis

Di era digital seperti sekarang ini, persaingan bisnis akan semakin sengit. Kemarin Anda sukses jualan aksesoris mobil misalnya. Besok tau-tau sudah muncul aja pesaing Anda  dengan produk dan penawaran yang lebih wow.

Oleh karena itu, penting sekali inovasi di dalam bisnis. Tanpa inovasi, bisnis kita akan mudah digilas kompetitor-kompetitor di luar sana.

Bukan hanya bisnis-bisnis skala UKM saja yang butuh inovasi untuk kelanggengan bisnisnya. Bisnis yang nilainya puluhan juta US dollar pun siap-siap gulung tikar jika tidak siap dengan inovasi.

Sejarah mencatat tenggelamnya brand-brand besar seperti KODAK atau Nokia yang tergerus oleh pemain-pemain bau kencur di bidang yang dulunya mereka monopoli. KODAK dengan hegemoni roll filmnya yang tergerus oleh inovasi kamera digital. Nokia yang keukeuh dengan OS symbiannya yang digilas habis oleh Samsung yang mengusung OS Android dan Apple dengan iOSnya.

8. Arus kas berantakan

Ilustrasi arus kas yang terjun bebas. Ilustrasi: opsrules.com
Ilustrasi arus kas yang terjun bebas. Ilustrasi: opsrules.com

Sudah bukan rahasia lagi jika Arus kas atau yang lebih kita kenal dengan cashflow, itu ibarat darah di dalam bisnis. Sudah tau kan kalau badan kita kekurangan darah apa yang terjadi dengan badan kita? Yes. Mati. Koid. Dead. Tamat riwayat.

Nah kalau bisnis ya bangrut alias gulung tikar.

Produksi gila-gilaan.. ee penjualannya melempem. Bangkrut.

Oleh karena itu, banyak coach-coach bisnis menyarankan pada pebisnis pemula untuk fokus di penjualan pada awal-awal berbisnis. Supaya apa? Cashflownnya lancar. Darahnya mengalir. Bisa menghidupi bisnis itu sendiri.

9. Lemahnya sistem pengontrolan & disiplin yang rendah

Penyebab kegagalan bisnis yang terakhir adalah lemahnya sistem pengontrolan. Seringkali kita sebagai pemilik bisnis lemah dan lalai dalam hal ini. Karena belum ada sistem yang bagus, kontrol akan bisnis kita yang dijalankan oleh pegawai-pegawai kita lemah. Baik dalam hal kontrol kualitas produk, kontrol keuangan, dll.

Alhasil, banyak kecolongan. Bukannya untung malah buntung.

Lalu selanjutnya rendahnya disiplin kita sebagai pemilik bisnis. Disiplin terhadap keuangan misalnya. Tidak terburu-buru mengambil profit bisnis untuk konsumsi pribadi. Apalagi jika bisnis baru awal-awal berjalan.

 

Itulah sepenggal kisah mengenai 9 penyebab kegagalan bisnis. Hal-hal yang disebutkan diatas sifatnya WAJIB untuk ANDA HINDARI. Karena memang akan meluluh lantakkan bisnis Anda. Dan membuat Anda tenggelam ke dalam nestapa. Kecuali Anda memang berniat ingin belajar dari pahitnya kegagalan bisnis. 😀

Silahkan dishare jika Anda merasa artikel ini bermanfaat untuk Anda dan relasi Anda.

 

Salam Sukses Mulia penuh Keberkahan

About admin

Check Also

richard branson - 4 Nasihat Richard Branson pada Pengusaha Muda

4 Nasihat Richard Branson pada Pengusaha Muda

Memulai sebuah bisnis pada usia berapapun merupakan sebuah perjuangan. Tapi, memulai bisnis pada usia muda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *