Home / Tips Bisnis / 4 Nasihat Richard Branson pada Pengusaha Muda

4 Nasihat Richard Branson pada Pengusaha Muda

Memulai sebuah bisnis pada usia berapapun merupakan sebuah perjuangan. Tapi, memulai bisnis pada usia muda bisa jadi sedikit lebih tricky. Pengalaman dan ilmu yang kurang menjadi salah satu penyebabnya.

Richard Branson sampai memberi nasihat khusus bagi pengusaha-pengusaha muda yang mau memulai bisnisnya. Memangnya siapa sih Richard Branson ini?

Richard Branson adalah salah satu pengusaha tersukses dan paling berpengaruh di dunia ini. Memiliki kekurangan karena gangguan kesehatan disleksia dan Drop Out (DO) dari sekolah pada usia 16 tahun tak menjadi hambatan baginya untuk menggapai tangga kesuksesan.

richard branson muda - 4 Nasihat Richard Branson pada Pengusaha Muda
Richard Branson muda – Gambar: virgin.com

Justru ketika itulah titik balik dalam hidupnya. Ketika memutuskan untuk DO dan membangun bisnis majalah pada usia 16 tahun. Maka dari itu, sepertinya om Richard Branson ini sosok terbaik untuk memberi nasihat pada pengusaha-pengusaha muda. 🙂

Berikut ini adalah 4 Nasihat Richard Branson pada pengusaha muda yang kami simpulkan dari postingan terbaru dari blog legendaris beliau.

Nasihat Richard Branson pada Pengusaha Muda

Tak ada istilah terlalu muda untuk menjadi pengusaha.

Masalah yang sering dihadapi pengusaha muda adalah ketakutan akan kegagalan, takut pendapat orang lain tentang diri mereka atau ide bisnis mereka. Namun menurut Branson, tak ada yang salah memulai usaha dari usia muda

Karena menurutnya pengusaha muda cenderung melihat dunia dengan lebih segar dan penuh determinasi. Sehingga bisa menghasikan ide-ide yang inovatif. Beberapa ide-ide spektakuler dan inovasi-inovasi yang brilian di dunia ini seringkali berasal dari pengusaha muda.

Beliau sendiri memulai usaha pertamanya di usia 16 tahun.

“Jangan pernah biarkan usia menjadi alasan orang lain untuk tidak menganggap serius Anda.”

Jangan takut. Tunjukkan dengan kualitas dan lahirkan ide-ide brilian dalam bisnis Anda.

Dan yang terpenting, segera dibuka apapun jenis bisnisnya. 🙂

penting sekali untuk melakukan hal yang anda cintai dan cintai hal yang anda lakukan

richard branson in hamburg - 4 Nasihat Richard Branson pada Pengusaha Muda
Gambar: 99u.com

“Ketika Anda memulai bisnis Anda, penting untuk mencoba melakukan semua hal di dalam bisnis dan indentifikasi area yang mana Anda paling baik melakukannya dan tentunya Anda enjoy melakukannya. Penting sekali untuk melakukan hal yang kita cintai dan cintai hal yang kita lakukan.”

Ketika pertama kali membuka bisnis majalah “Student” di usia 16 tahun, Branson melakukan semua bagian dari bisnis majalah itu sendiri. Mulai dari menulis artikel, proses editing, advertising, marketing, dan bagian keuangannya.

Hingga pada akhirnya Branson menemukan bahwa dia tidak terlalu cocok pada beberapa bagian, terutama yang berkaitan dengan angka-angka. Pada saat itulah Branson belajar untuk menyerahkan beberapa tanggungjawab tersebut pada orang yang pintar mengerjakannya.

Bayangkanlah Anda telah menjalankan sebuah bisnis. Tanyakan pada diri Anda sendiri, bagian bisnis mana yang paling membuat Anda tertarik? Apakah penjualan? Keuangan? Distribusi? Marketing?

“Kita menghabiskan sekitar 80% waktu sadar kita untuk bekerja, jadi sekali lagi, penting sekali untuk melakukan hal yang kita cintai dan cintai hal yang kita lakukan” 

jangan malu untuk meminta bantuan

Salah satu masalah yang sering dihadapi pengusaha muda yang telah memulai bisnisnya adalah tidak bisa fokus dan juga semangat yang terkadang timbul tenggelam.

Seringkali pengusaha muda yang telah memulai usaha berbenturan dengan pendidikan. Entah itu sekolah atau kuliah. Branson sendiri lebih memilih untuk DO dari sekolahnya waktu itu untuk fokus di bisnis majalahnya.

Namun bukan berarti beliau menyarankan untuk DO dari sekolah atau kuliah lho.

“Pergilah ke acara kewirausahaan dan gabung perkumpulan pengusaha. Anda bisa memperkenalkan diri Anda sebagai pengusaha yang baru memulai usaha – dan mengobrol bersama orang-orang mempunyai ketertarikan dan passion di bidang yang sama dengan Anda. Hal ini bisa membantu Anda untuk fokus kembali.”

“Dan jangan malu untuk meminta bantuan.”

Bayangkan Anda dikelilingi orang-orang yang memiliki keinginan untuk sukses dari bisnis yang sama besarnya dengan Anda. Pasti sulit kan untuk tidak fokus dan tidak semangat? 🙂

bawalah buku catatan kemanapun anda pergi

“Saya sangat percaya bahwa siapapun yang bercita-cita memimpin sebuah perusahaan harus mengembangkan kebiasaan untuk mencatat. Saya membawa buku catatan kemanapun, dan saya adalah orang yang gemar sekali mencatat dan membuat list. Hal ini membuatku fokus terhadap hal-hal yang harus saya selesaikan dan mendorong saya untuk menjadi lebih produktif – dan membuat saya tidak menunda-nunda pekerjaan!”

Hal ini terlihat sepele namun menurut Branson sangat penting. Membawa buku catatan kemanapun juga berfungsi untuk mencatat ide-ide yang keluar untuk mengembangkan bisnis Anda.

Anda tak pernah tahu bukan kapan ide-ide brilian itu muncul? Alangkah baiknya bersiap-siap siapa tahu tiba-tiba de-ide itu muncul.

Itulah 4 Nasihat Richard Branson untuk pengusaha muda. Memang menjadi pengusaha muda penuh akan rintangan. Namun jika Richard Branson bisa, mengapa Anda tidak?

Always Pray and Keep Fight !!!

 

About admin

Check Also

9 penyebab kegagalan bisnis - 9 Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Wajib Anda Hindari Jika Tak Mau Bangkrut

9 Penyebab Kegagalan Bisnis Yang Wajib Anda Hindari Jika Tak Mau Bangkrut

Semua pebisnis pasti ingin bisnisnya sukses, angka penjualan yang top markotop dan dapat profit yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *