Bermimpi Jadi Pengusaha? Waspada Terhadap 5 Alasan Yang Akan Menjadi Penghambat Mimpi Besar Anda

Anda bermimpi suatu saat nanti akan jadi pengusaha? Bahkan bukan sekedar pengusaha, tapi pengusaha yang sukses, yang mampu menafkahi keluarga Anda secara layak. Dan bisa menunaikan ibadah umroh setiap tahun. Namun, Anda tak kunjung juga memulai langkah Anda menjadi pengusaha. Apa yang menghentikan langkah Anda?

Saya pribadi adalah orang yang percaya bahwa setiap orang bisa jadi pengusaha. Di era internet explosion sekarang ini, dimana informasi bisa Anda dapatkan dengan begitu mudahnya, masa sih cari ide untuk jadi pengusaha aja ga bisa?

Di era sosial media, banyak buku-buku atau ebook-ebook gratis tentang memulai usaha, masa sih ga berani juga memulai usaha?

Ternyata, di luar sana ribuan bahkan jutaan orang yang bermimpi menjadi pengusaha sukses, punya ide yang bagus, tapi tak pernah maju melangkah ke langkah selanjutnya untuk mewujudkan mimpi mereka menjadi nyata. Mudah-mudahan Anda tidak termasuk satu diantaranya ya. 🙂

Bahkan, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah pengusaha di Indonesia per tahun 2015 hanya 1,25% dari total jumlah penduduk di Indonesia. Miris. Kenapa ya kira-kira?

Semuanya tentu ada alasan-alasannya. Baik itu alasan-alasan yang dibuat-buat atau dusta yang Anda katakan pada diri sendiri yang “membenarkan” pilihan Anda untuk menunda jadi pengusaha. Nah, inilah 5 alasan yang paling umum.

1. Tidak bisa meninggalkan pekerjaan utama

Umumnya yang terjadi seperti ini. Anda sudah memiliki pekerjaan tetap dan mungkin Anda menjadi satu-satunya orang yang menghidupi keluarga Anda. Tapi apa itu berarti Anda tidak bisa meninggalkan pekerjaan Anda untuk mulai jadi pengusaha? Hmm. Mungkin iya.

Tapi, cobalah untuk tanya pada diri Anda sendiri, apa sih yang sebenarnya Anda takutkan? Apakah takut akan ketidakpastian penghasilan ketika menjadi pengusaha? Atau Anda berada pada posisi tak bisa memilih, karena menurut Anda pekerjaan yang sekarang Anda miliki adalah satu-satunya pekerjaan di dunia, yang bisa memenuhi semua kebutuhan Anda?

Walaupun kondisinya pekerjaan yang Anda miliki itu adalah satu-satunya pekerjaan yang bisa menghidupi Anda, coba bayangkan kemungkinan untuk memulai sebuah bisnis sampingan sambil Anda melakukan pekerjaan Anda saat ini. Tentunya jangan lakukan bisnis sampingan itu saat Anda sedang bekerja ya. Itu korupsi waktu namanya. 🙂

Memang sih memulai bisnis sampingan akan menambah waktu “bekerja” Anda dan menambah tingkat stress juga. Tapi Anda juga masih bisa mendapat penghasilan tetap selagi Anda masih merintis bisnis impian Anda.

2. Merasa tidak cukup baik untuk jadi pengusaha

Ada banyak orang diluar sana yang mengira bahwa pengusaha sukses memang “terlahir” untuk jadi pengusaha. Atau pengusaha sukses memiliki kualitas genetika tersendiri yang memungkinkan mereka untuk sukses. Gen yang tidak dipunya orang lain. Nah pendapat inilah yang dinamakan pendapat ngawur. 😀

Memang ada beberapa faktor yang bisa memudahkan seseorang menjadi pengusaha yang sukses. Seperti memiliki kepercayaan diri tingkat dewa, antusiasme yang tinggi, ekstrovert, atau kemampuan menyelesaikan masalah yang baik. Dan kabar baiknya, semua itu bisa dipelajari, bisa diduplikasi, dan bisa ditiru plek-plek oleh semua orang yang tidak memiliki kemampuan tersebut sebelumnya.

Gampangnya, Anda bisa menjadi pengusaha yang sukses atau pengusaha gagal bukan ditentukan faktor genetika saja. Yang menentukan adalah kemauan Anda belajar untuk menjadi pengusaha sukses yang Anda impikan.

Kabar baiknya, Anda ga perlu jauh-jauh belajar semua itu. Semua hal yang Anda butuhkan untuk menjadi pengusaha sukses dan meraih financial freedom bisa Anda pelajari secara online disini. Enak kan?

3. Tidak punya cukup modal

Anggapan kebanyakan orang bahwa bisnis membutuhkan modal untuk sukses memang ada benarnya. Namun, bukan berarti Anda harus memiliki semua modal itu sendiri. Sebagai langkah awal, Anda bisa menawarkan teman terdekat atau keluarga Anda untuk investasi di bisnis Anda.

Atau bisa juga Anda mencari investor di luar lingkungan keluarga dan teman. Syaratnya, ide bisnis Anda harus cetar membahana, benar-benar bagus, prospektif, dan memiliki potensi keuntungan yang menggetarkan.

Atau langkah lebih ekstrim lagi, Anda bisa tanya mbah google “peluang usaha tanpa modal”. Anda akan terkejut bahwa ternyata banyak juga bisnis bisa dilakukan tanpa modal. Seperti menjadi reseller ataupun dropshipper.

Atau Anda bisa mencoba peluang bisnis property nyaris tanpa modal berikut ini. Modalnya hanya paket internet dan smartphone saja. Dan dengan itu saja sudah cukup untuk membuat Anda memiliki penghasilan puluhan juta rupiah.

4. Ini bukanlah waktu yang tepat

Alasan ini alasan klise yang bisa diaplikasikan pada situasi apapun. Misalnya ketika mungkin saja Anda baru saja beli rumah. Mungkin Anda baru saja punya anak. Mungkin Anda sedang dalam jenjang karir yang menjanjikan. Mungkin saja Anda masih melanjutkan kuliah. Apapun kasusnya, pokoknya waktunya selalu ga tepat bagi Anda untuk memulai jadi pengusaha.

Tapi coba tebak? Ga ada yang namanya waktu yang “sempurna” di dunia ini. Ga ada orang yang menjadi pengusaha hanya karena telah memulainya pada waktu yang “sempurna”, saat bintang-bintang secara ajaib berbaris pada satu garis sempurna. 😀

Orang-orang yang memutuskan menjadi pengusaha sudah tahu resiko menjadi pengusaha, tahu bahwa ke depannya akan banyak rintangan menghadang, dan mereka tetap memutuskan untuk melaju menerjang semuanya.

Jika Anda menunggu momen yang tepat, waktu yang sempurna, BERHENTILAH! Karena SEKARANG adalah waktu yang paling tepat dan sempurna untuk memulai jadi pengusaha.

5. Takut gagal

Ini alasan yang paling umum, dan paling menakutkan diantara semua alasan yang telah disebutkan diatas. Sejujurnya memang, ada kemungkinan yang cukup besar Anda akan gagal dalam berbisnis -biasanya bisnis start-up atau bisnis yang baru mulai merintis tutup ditahun kedua. Nah pertanyaannya adalah: Memangnya kenapa? So what gitu loh?

Tak ada yang dapat menjamin kesuksesan Anda. Bahkan Tuhan pun tak menjamin kita akan bisa sukses.

Yang harus kita sadari bersama adalah: tak ada jalan pintas untuk mencapai kesuksesan. Bahkan jika Anda mau mencari informasi lebih lanjut, Anda akan menemukan bahwa banyak pengusaha sukses yang mampu melejitkan bisnisnya setelah mengalami kegagalan yang menyesakkan dada. Atau bahkan kerugiannya saja mencapai nilai yang tak pernah kita bayangkan.

Yang kita butuhkan hanyalah pemahaman bahwa kegagalan bukanlah akhir yang mutlak. Anggaplah kegagalan sebagai batu loncatan Anda untuk mencapai kesuksesan. Kegagalan akan menambah pengalaman Anda, menambah pemahaman Anda. Dan semua itu bisa Anda jadikan bahan bakar untuk akselerasi Anda menuju kesuksesan yang Anda impikan.

Memang lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Tapi menganggap kegagalan adalah kemungkinan yang sangat mungkin terjadi dan bersiap untuk mengambil pelajaran darinya akan membuat langkah Anda menuju kesuksesan lebih meyakinkan.

Itulah 5 alasan yang paling umum yang bisa membuat Anda menunda impian Anda menjadi pengusaha. Ketika Anda telah menyadari adanya alasan-alasan tersebut, Anda akan lebih bisa membaca situasi secara lebih bijaksana.

Ada banyak resiko menjadi pengusaha, yes. Sangat menakutkan, ada potensi ruginya dan menuntut tingkat kerja keras yang tinggi, yes. Tetapi jika Anda memang benar-benar bermimpi jadi pengusaha, bahwa menjadi pengusaha adalah memang apa yang Anda inginkan di hidup ini, ketakutan-ketakutan tersebut harusnya ga cukup besar untuk menghentikan Anda.

Banyak sekali sumber daya dan peluang yang bisa mengantarkan ide-ide usaha Anda yang brilian ke level selanjutnya. Yang Anda butuhkan hanyalah TINDAKAN NYATA untuk MEMULAINYA !

Salam sukses mulia penuh keberkahan. 

 

9 langkah kunci berikut ini bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan sampingan dari internet. JANGAN COBA-COBA di-klik jika Anda sudah puas dengan penghasilan Anda sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *