[Infografis] Fenomena Aktivitas Online Indonesia dan Peluang Emas Bisnis Online Yang Bisa Anda Manfaaatkan

Di era ledakan internet dan ledakan smartphone yang melanda Indonesia beberapa tahun belakangan ini, membuat aktivitas online penduduk Indonesia tumbuh secara mencengangkan. Dengan jumlah penduduk yang kini sudah lebih dari 250 juta jiwa -terbesar di regional Asia Tenggara, dan terbesar ke empat setetah Tiongkok, India, dan Amerika- Indonesia merupakan primadona atau gadis cantik (baca: pasar) yang sangat menarik bagi pebisnis global.

Misalnya, seperti yang baru-baru ini, ketika saham mayoritas dari perusahaan situs belanja lokal, Lazada, diakuisisi oleh pelaku e-Commerce terbesar di Tiongkok, Alibaba Group Holding Ltd. Nilai investasinya pun tidak sembarangan. Ditaksir mencapai US$ 1 miliar. Kalau ditulis dengan nominal dengan kurs dolar AS saat tulisan ini dibuat, menjadi Rp. 13.180.000.000.000,-. Banyak ya 0 nya? 😀

Apa yang kira-kira membuat Alibaba Group dengan entengnya mengeluarkan investasi sebesar itu? Situs We Are Social menyajikan infografis yang sangat menarik mengenai fenomena aktivitas online penduduk Indonesia hingga awal tahun 2016 ini.

 

 

 

peluang emas bisnis online di indonesia 1 - [Infografis] Fenomena Aktivitas Online Indonesia dan Peluang Emas Bisnis Online Yang Bisa Anda Manfaaatkan
Infografis 1
peluang emas bisnis online di indonesia 2 - [Infografis] Fenomena Aktivitas Online Indonesia dan Peluang Emas Bisnis Online Yang Bisa Anda Manfaaatkan
Infografis 2

Kini, ada sekitar 88,1 juta pengguna internet aktif (infografis 1) di Indonesia. Tumbuh 15 % dari tahun sebelumnya. Hal ini berarti jangkauan internet sudah mencakup sekitar 30 % lebih penduduk di Indonesia. Jika diasumsikan pertumbuhan pertahun stagnan di angka 15%, diramalkan seluruh penduduk Indonesia akan melek internet sekitar tahun 2030an. WOW.

Yang sedikit lebih menarik adalah angka pengguna SIM Card yang melebihi angka jumlah penduduk Indonesia sendiri. 326,3 juta berbanding 259,1 juta. Hal ini bisa terjadi karena adanya ledakan smarttphone beberapa tahun belakangan. Banyak juga orang yang menggunakan lebih dari satu smartphone sehari-hari atau pengguna dual sim card.

Pengguna sosial media yang aktif juga meningkat 10 % (Infografis 2) dan kini mencapai angka 79 juta jiwa.

peluang emas bisnis online di indonesia 3 - [Infografis] Fenomena Aktivitas Online Indonesia dan Peluang Emas Bisnis Online Yang Bisa Anda Manfaaatkan
Infografis 3

Angka 79 juta jiwa tersebut, atau mencapai 30% dari total populasi Indonesia. Dengan persentase masih di angka 30%, masih banyak ruang untuk bertumbuh kembali. Oleh karena itu, banyak sosial media yang mudah untuk booming di Indonesia. Karena memang orang-orang Indonesia yang gemar bersosial.

peluang emas bisnis online di indonesia 4 - [Infografis] Fenomena Aktivitas Online Indonesia dan Peluang Emas Bisnis Online Yang Bisa Anda Manfaaatkan

Dilihat dari Infografis ke empat di atas, terlihat memang penduduk Indonesia mayoritas merasakan pengalaman ber-internet ria menggunakan gadgetnya. Didukung dengan ledakan smartphone yang disinggung di awal tulisan tadi, memang fenomena ini sudah sewajarnya terjadi. Disaat harga smartphone dengan kualitas tinggi semakin murah setiap harinya. Karena mulai membanjirnya produk smarthphone Tiongkok premium.

Sebaliknya, pengguna internet melalui laptop atau komputer menurun drastis. Hingga sebesar 41 % penurunannya. Karena sepertinya hanya orang-orang yang bekerja di kantor dan mungkin beberapa pebisnis online saja yang masih menggunakan internet melalui laptop atau komputer.

Sementara kebanyakan orang yang tidak membutuhkan komputer atau laptop untuk bekerja, lebih memilih cukup menggunakan smartphonenya saja untuk ber-internet. Karena memang kini hampir semua platform website sudah mobile friendly semua. Kecuali beberapa website pemerintah yang ironisnya masih terkesan out of date. ups..

peluang emas bisnis online di indonesia 5 - [Infografis] Fenomena Aktivitas Online Indonesia dan Peluang Emas Bisnis Online Yang Bisa Anda Manfaaatkan
Infografis 5

Sosial media apakah atau media chatting apakah yang paling populer dan banyak digunakan penduduk Indonesia? Ternyata dalam Infografis 5 di atas, menunjukkan hasil yang mengejutkan. Dimana social media terfavorit masih diduki oleh BBM (Blackberry Messenger).

Meskipun di tatanan global sudah dianggap mati & tidak bisa bersaing dengan serbuan Android & Iphone, ternyata BBM masih digdaya di tanah Indonesia.

Kemudian juga terlihat bahwa penduduk Indonesia masih suka untuk memainkan Facebook.

Dari infografis-infografis di atas, apakah Anda sudah melihat “tambang emas” di dalamnya? Yes, fenomena pertumbuhan aktivitas online di Indonesia bisa Anda manfaatkan untuk mulai berbisnis online. Bisnis online di tahun-tahun mendatang diprediksi akan semakin cerah, terang-benderang. Malah, bisnis offline yang tidak mampu meng-online-kan bisnisnya juga terancam punah atau stagnan.

Jika Anda pada akhirnya memutuskan untuk terjun ke bisnis online, data-data yang tersaji di infografis di atas juga bisa Anda manfaatkan untuk menyusun strategi yang joss dan mumpuni agar bisa sukses di bisnis online. Misalnya, dari data di atas, Anda tahu bahwa BBM dan Facebook masih merupakan primadona social media chatting di Indonesia. Maka dari itu, Anda bisa memfokuskan usaha marketing Anda melalui strategi BBM Marketing dan juga Facebook Marketing.

Semoga Anda bisa mengambil manfaat dan peluang dari informasi yang disajikan oleh infografis yang renyah. Semoga dapat membuka jalan Anda untuk memperoleh kesuksesan yang hakiki di bidang bisnis online.

 

Salam Sukses Mulia Penuh Keberkahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *