5 Pelajaran Bisnis Yang Bisa Anda Pelajari Dari Nelayan

Jika Anda sudah memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha, salah satu hal yang WAJIB Anda miliki adalah kemauan untuk terus belajar. Ya, tidak peduli sudah berapa milyar omzet yang Anda bukukan pada usaha Anda, tanpa dibarengi dengan kemauan untuk terus belajar yang kuat, lama-kelamaan bisnis Anda akan tergerus oleh pesaing Anda.

Jika Anda benar-benar ingin menjadi pengusaha yang memberikan pengaruh pada lingkungan sekitar atau pada dunia, tumbuhkanlah sikap kemauan keras untuk belajar.

Kali ini, kita akan mengambil pelajaran bisnis dari nelayan.

Mengapa nelayan? Karena, nelayan merupakan sosok pekerja-keras yang memiliki semangat untuk terus bertumbuh.

Maka dari itu, etos kerja nelayan yang sangat mumpuni tersebut ternyata bisa memberikan pembelajaran yang amat berharga bagi para pengusaha untuk membangun bisnis yang sukses.

Apa saja kiranya pembelajaran yang bisa kita ambil dari para nelayan tersebut? Berikut ini 5 pelajaran bisnis yang bisa kita ambil dari nelayan.

5 Pelajaran Bisnis Yang Bisa Anda Pelajari Dari Nelayan

 

1. Menggunakan segala sumber daya yang ada

Para nelayan, terutama nelayan-nelayan di Indonesia tidak memiliki sumber daya yang melimpah untuk menjaring ikan-ikan.

Perahu mereka umurnya bisa puluhan tahun. Peninggalan generasi sebelum mereka. Perahu lama tersebut mereka cat ulang agar terlihat lebih segar dan baru.

Jaring dijahit manual ribuan kali! Bayangkan.. Betapa keras perjuangan mereka.

Motor yang telah rusak mereka perbaiki. Lagi dan lagi..

Mereka berinisiatif memanfaatkan segala yang mereka punya secara maksimal. Mendayagunakan “apa yang sudah ada”. Daripada memilih untuk mengganti dengan yang baru.

Nah, kita para pengusaha tentunya harus bisa meniru etos kerja seperti ini. Cobalah bersyukur atas sumber daya-sumber daya yang telah kita punya untuk membesarkan bisnis kita.

2. Konsisten

Ini salah satu hal yang dimiliki nelayan yang paling menakjubkan. KONSISTEN.

Ya, mereka konsisten berlayar pagi dan malam tanpa tahu apa yang akan mereka dapatkan. Belum lagi resiko yang mereka hadapi.

Tak pernah mengeluh walau hasil tangkapan terkadang tak sesuai dengan yang diharapkan. Mereka tau bahwa kesempatan untuk mendapatkan hasil tangkapan yang lebih banyak dan memuaskan terbuka di depan mereka. Hal itulah yang membuat mereka terus berdedikasi, pantang mundur, terus maju untuk berlayar.

Sebagai pengusaha, sudahkah kita membangun sikap konsisten seperti ini?

Banyak pengusaha-pengusaha yang saya kenal gugur di tengah jalan. Atau menjadi kutu loncat dalam menjalankan usahanya.

Misalnya, usaha bakso satu bulan hasil yang didapat tak sesuai harapan. Bulan depannya ganti jualan hijab. Bulan depannya lagi ganti jualan aksesoris mobil. Dan seterusnya.. dan seterusnya..

Kapan mau suksesnya? 🙂

 3. Membangun tim. Bekerja sama dengan orang yang dipercaya.

belajar bisnis dari nelayan membangun tim - 5 Pelajaran Bisnis Yang Bisa Anda Pelajari Dari Nelayan
Tim nelayan siap mengarungi lautan – Ilustrasi gambar : jurnalmaritim.com

Hampir semua nelayan berlayar ke laut dengan timnya. Hampir tidak ada nelayan yang mau menanggung resiko kehilangan nyawa di tengah lautan yang berbahaya dengan berlayar sendirian.

Mereka membangun tim. Bekerja sama dengan orang-orang yang mereka percaya. Terkadang partnership mereka bisa langgeng hingga puluhan tahun.

Sebagai pengusaha, membangun tim yang super adalah keharusan. Karena tak semua hal bisa kita lakukan dengan baik sendirian. Bangun tim yang akan melengkapi kekurangan-kekurangan kita. Hingga membuat bisnis kita bertumbuh dan melesat jauh.

4. Terbuka akan adanya perubahan

Para nelayan tidak menutup diri akan adanya perubahan. Mereka mau belajar jika ada teknologi terbaru atau teknik terbaru untuk mendapatkan ikan yang lebih banyak. Hal itu tentu dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan mereka.

Sebagai pengusaha, perubahan adalah keniscayaan. Keadaan bisnis cepat sekali berubah.

Sekarang bisa saja produk kita paling unggul di pasaran. Namun bisa dalam hitungak menit pula bisa tergusur dari puncak.

Yang unggul adalah pengusaha-pengusaha yang responsif terhadap perubahan. Dan memiliki kemauan belajar yang kuat juga tentunya. 🙂

5. Mengerti bagaimana menyesuaikan diri dengan komunitas

Di beberapa daerah, menjadi nelayan merupakan pekerjaan utama. Terutama di daerah pantai. Yaiyalah.. 🙂

Para nelayan tersebut tidak hanya bekerja untuk diri mereka sendiri. Hasil tangkapan mereka bisa menciptakan stabilitas ekonomi di daerahnya. Para nelayan tersebut mengerti akan peran mereka dan dampaknya bagi komunitasnya.

Sebagai pengusaha, penting untuk mengutamakan komunitas tempat kita melakukan usaha. Pikirkan apa yang bisa dikontribusikan untuk kebaikan komunitas / masyarakat setempat.

Dengan begitu, bisnis kita akan bisa lebih diterima dan dengan akar yang kuat di komunitas, bisa berekspansi ke luar daerah. Bahkan dengan skala global.

 

Demikianlah 5 pelajaran bisnis yang bisa kita ambil dari nelayan. Ilmu itu memang tidak bisa disangka-sangka darimana datangnya.

Oleh karena itu, tetaplah rendahkan diri agar bisa menyerap berbagai ilmu yang tersedia.

Ada kata-kata legendaris dari mendiang Steve Jobs (Founder Apple):

Stay Hungry, Stay Foolish”

 

Salam Sukses Mulia Penuh Keberkahan

 

Sumber : www.ciputraentrepreneurship.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: