Ini 10 Manfaat Email Autoresponder

Salah satu ciri agar memiliki bisnis besar adalah bisnis tersebut memiliki sistem. Dan sistem tersebut bisa berjalan otomatis tanpa kita harus turun untuk mengawasinya setiap saat.

Nah salah satu cara untuk membuat sistem bisnis, terutama di dalam bisnis online adalah dengan menggunakan email autoresponder

Apa itu email autoresponder?

Email Autoresponder merupakan nama lain dari email marketing yaitu sebuah sistem yang mampu menampung data prospek yang biasanya berupa nama email yang mana dengan sistem ini, marketer atau pemilik bisnis bisa mengirimkan informasi penting terkait produk jasanya maupun mengedukasi prospek dan menjalin relasi dengan listnya.

Untuk dapat data prospek biasanya diperoleh dengan kesadaran si prospek yang ingin mendapat sesuatu yang dijanjikan oleh si pemilik usaha.

Dengan email autoresponder memungkinkan pemilik bisnis menjalin relasi dengan list dan mengotomatisasi bisnisnya sedemikian rupa sehingga meski pemilik bisnis tak didepan komputer, namun pesan marketing tetap dapat dikirimkan.

Masihkah email marketing relevan digunakan? Bukankah itu metode yang old sudah ada sejak jaman dulu?

Baca Juga : 8 Langkah Kunci Membuat Postingan Instagram Yang Mengagumkan

Jika ada yang meragukan keampuhan email marketing dalam menunjang bisnis online dan mengotomatisasi bisnis Anda, sepertinya Anda mesti memahami manfaat email marketing deh.

Manfaat penggunaan email autoresponder bagi bisnis anda menurut customerfindermarketing.com setidaknya ada 10 benefit yaitu:

Manfaat Email Autoresponder

1. Mengubah pengunjung website yang tak anda kenal menjadi subscriber

Bisnis online tak beda dengan bisnis offline, butuh bahan baku yang namanya daftar nama alias prospek. Karena di dalam kumpulan prospek yang ga kita kenal itu pasti ada pembeli potensial. Nah bagaimana kita menjangkau mereka? Gunakan email marketing solusinya..

Sekali prospek itu menjadi subscriber milis Anda, maka Anda bisa mengirimkan update artikel maupun pesan promosi secara kontinue pada mereka.

2. Membangun hubungan jangka panjang dengan subscriber dengan usaha yang tak seberapa berat.

Yang pasti email marketing ini erat hubungannya dengan aktivitas membangun list (list building).

Nah biasanya nih orang jika punya produk maka ia akan beriklan baik yg berbayar atau gratis. Nah dengan email marketing maka anda cukup kerja sekali dengan iklan untuk mendapat lead dan setelah anda dapat lead maka anda tinggal membangun relasi dengan list Anda tanpa perlu keluar biaya lagi alias lebih hemat di budget..

Nah kan klo tau udah hemat, pastinya Anda akan mulai tertarik memakai email autoresponder kan?

3. Memungkinkan pemasaran secara berkelanjutan tanpa harus menyewa orang lagi

Email autoresponder dengan kemampuannya bisa diibaratkan menggantikan fungsi SPG yang biasanya bertugas mengedukasi prospek.

Selain menghemat biaya juga pengaplikasian email marketing yang tepat akan memberikan tingkat pengembalian investasi yang lebih baik bagi bisnis anda.

4. Mampu mem follow up prospek tanpa kehilangan mereka satupun

Sangat tak mungkin mem follow up orang yang Anda temui satu per satu bukan? Nah dengan memanfaatkan email marketing maka Anda akan bisa memfollow up semua prospek tanpa terkecuali dan Anda tak akan kehilangan satu prospek pun.

Baca Juga : Menambah Peruntungan Lewat FB Ads

Selama mereka tetap menjadi subscriber maka Anda bebas memfollow up mereka kapan aja kecuali mereka keluar dari milis yang Anda buat.

5. Komunikasi yang konstan dan konsisten akan menghasilkan penjualan berulang

Semua orang tahu bahwa di jaman now ini orang tak akan melakukan pembelian jika belum mengenal siapa yang jual.

Orang yang sudah berbisnis dengan Anda biasanya akan membeli produk juga dari Anda. Nah dedengandanya sistem pengiriman pesan otomatis ini akan mampu mengingatkan mereka untuk membeli secara berkala dari Anda.

Bagi pemilik bisnis ini merupakan penjualan berulang yang didapatnya dari list prospek yang dimiliki.

6. Datangkan lebih banyak trafik ke blog atau website mu

Dengan email autoresponder dan list yang Anda miliki maka Anda bisa mengirim pesan agar mereka membaca artikel di blog, web, youtube video, telegram channel atau media lainnya yang memuat Anda dan bisnis Anda sehingga list mu jadi tahu lebih banyak tentang Anda dan jika mereka butuh produk yang Anda punya maka mereka akan segera tahu kemana harus menghubungi Anda.

7. Hasil kerjanya bisa diukur

Beruntung email autoresponder punya data statistik yang membantumu mengukur siapa saja yang buka pesan, dari mesin pencari apa atau gadget, di lokasi mana saja subcriber Anda paling banyak buka email dll..

Baca Juga : Pentingkah Personal Branding?

Ini semua memungkinkan Anda mengukur kinerja dari setiap pesan email yang Anda kirimkan dan memaksimalkan sesuai data yang Anda dapatkan.

8. Memastikan pengiriman email yang lebih baik

Daripada menggunakan cara manual dengan gmail maka email autoresponder menjamin pengiriman email yang lebih baik karna itu sesuai fungsinya.

9. Mudahnya membranding diri Anda di email

Email autoresponder memungkinkan Anda membranding diri dan bisnis dengan menambahkan logo, tag line, foto, alamat bisnis, data pendukung branding lainnya di setiap pesan email yang Anda kirimkan pada subscriber.

10. Memudahkan Anda untuk menduplikasi apa yang Anda sudah lakukan

Autoresponder memungkinkan Anda menduplikasi apa yang sudah dikerjakan di suatu list. Anda bisa memiliki list dan grup subscriber yang berbeda dalam 1 autoresponder dan Anda tinggal menduplikasi step yang sudah Anda lakukan dengan mudah.

Nah kini Anda sudah mengetahui manfaat email autoresponder, jadi akankah Anda menunda otomatisasi bisnis Anda?

Pilihan email autoresponder bagusnya yang bagaimana ya?

Ok itu akan dibahas di next post ya..

Sumber : Telegram @SharingIM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: